SMK Ihsaniyah Gelar Pelatihan IAC Untuk Guru Ihsaniyah Kota Tegal
Foto bersama peserta Pelatihan Ihsaniyah Announcer Course (IAC) saat acara penutupan, Sabtu, 16 Januari 2021

SMK Ihsaniyah Gelar Pelatihan IAC Untuk Guru Ihsaniyah Kota Tegal

PERGURUANIHSANIYAH.org – SMK Ihsaniyah Tegal berkolaborasi dengan Radio Citra Angkasa (RCA Ihsaniyah FM) telah menggelar pelatihan Ihsaniyah Announcer Course (IAC) untuk guru-guru yang mengajar di naungan Yayasan Perguruan Ihsaniyah (YPI) Kota Tegal. Acara tersebut dilaksanakan di studio IHS TV SMK Ihsaniyah, berlangsung  selama 5 hari mulai tanggal 12-16 Januari 2021.

Zainal Muttaqin, S.E selaku Ketua panitia pelatihan IAC mengatakan, Ihsaniyah Announcer Course (IAC) yaitu kegiatan kursus penyiar radio bagi guru-guru yang mengajar disemua unit dibawah naungan Yayasan Perguruan Ihsaniyah (YPI).

“Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak dari Yayasan Ihsaniyah, bahwa pemanfaatan dari Radio RCA FM digunakan sepenuhnya untuk pengelolaan pendidikan dilingkungan Yayasan Perguruan Ihsaniyah yang kebetulan dimasa pandemi ini program kami dari RCA adalah memfasilitasi proses kegiatan belajar mengajar bagi seluruh unit yang ada”. Kata Zainal Muttaqin, S.E sekaligus Kepala Sekolah SMK Ihsaniyah, Sabtu (16/1).

Kegiatan pelatihan Ihsaniyah Announcer Course (IAC) tersebut  diikuti oleh beberapa perwakilan dari masing-masing unit Yayasan Perguruan Ihsaniyah (YPI), mulai dari TK Ihsaniyah, SD Ihsaniyah Gajahmada, SD Ihsaniyah Pusaka, SMP Ihsaniyah, MTS Model Ihsaniyah, SMA Ihsaniyah dan SMK Ihsaniyah.

“Peserta dari semua unit Ihsaniyah, jadi sementara kami adopsi 9 peserta masing-masing unit mendelegasikan 1 guru”, tambah Zainal Muttaqin.

Sementara itu, Andi Anshory selaku pemateri juga mengatakan, tujuan IAC peserta diharapkan menciptakan seorang broadcaster yang handal. Tetapi karena pesertanya para pemula, pihaknya ambil jalan pintasnya saja sedangkan waktu yang diberikan untuk pelatihan hanya 5 hari.

“Kami ambil jalan pintas, ada beberapa hal yang harus kami lakukan yang pertama masa timing, kami menjelaskan 30% untuk teori dan 70% untuk praktik. Materi kami sampaikan mengenai basic announcing, radio tools, teknik vocal, teknik dasar siaran, teknik siaran solo, teknik siaran couple, teknik siaran talkshow, script and news writing, copy writing dan etika dalam siaran”, kata Andi Anshory, pemateri sekaligus penyiar PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia).

Menurutnya, pada hari pertama pelatihan IAC para peserta cenderung pesimis meskipun peserta pernah melakukan siaran di radio tetapi hanya sebagai narasumber. Namun setelah diperkenalkan dengan satu persatu, seperti materi,  peralatan siaran,  peserta bisa tersenyum dan antusias dalam mengikuti acara tersebut.

“Peralatan yang digunakan untuk menunjang acara yaitu seperti studio mini, mixer, komputer, software audio, Zara Radio dan Cool Edit”, tambah Andi.

selain itu, Mirza Prastika, S.Pd, M.Li selaku peserta perwakilan dari guru SMK Ihsaniyah memberikan tanggapan positif tentang diselenggarakannya pelatihan IAC.

“IAC ini sangat bermanfaat tentunya untuk guru-guru, kami banyak mempelajari banyak materi dari para pemateri”, kata Mirza Prastika.

Tidak hanya itu, respon positif juga dikatakan oleh Siti Sri Mulyati, S.Pd selaku peserta dari perwakilan guru MTS Model Ihsaniyah mengatakan, kegiatan tersebut sangat berkesan dan juga sangat positif.

“Kami diberikan materi dan praktik, bagaimana rekaman untuk broadcasting, membuat iklan dan semuanya dalam waktu 5 hari. Alhamdulillah kita dapat membuat iklan dan melakukan siaran”, kata Siti Sri Mulyati.

“Harapannya ini menjadi bekal kami, setidaknya kita sudah ada bekal siaran, iklan. Kemudian kami nanti bisa siaran yang lebih baik, terlatih dan maksimal khususnya untuk sekolah kami”, Imbuh Siti Sri Mulyati.

 

dewi/aizia

Tinggalkan Balasan