SD Ihsaniyah Gajahmada Siap Sambut Popda Karate Kota Tegal
Foto bersama dengan pelatih siswa-siswi SD Gajah Mada Kota Tegal saat latihan Karate pada Kamis, (5/21).

SD Ihsaniyah Gajahmada Siap Sambut Popda Karate Kota Tegal

PERGURUANIHSANIYAH.org – Guna mempersiapkan Popda Karate Kota Tegal, SD Ihsaniyah Gajahmada melakukan latihan rutin. Persiapan tersebut sudah dilakukan di sekolah sejak kurang lebih 4 bulan.

Dalam latihannya, Sensei Tapein selaku pelatih Karate mengungkapkan bahwa latihan yang Ia terapkan untuk persiapan event-event regional ataupun event-event terbuka, terdapat 2 teknik yaitu teknik Komite dan teknik Kata.

“Untuk persiapan event-event regional ataupun terbuka seperti Popda Kota Tegal, maupun event terbuka lingkup Jawa Tengah” katanya.

Ia menjelaskan karena ini masih pandemi covid-19, lomba diadakan secara virtual dan mendapatkan piala Universitas Trisakti dan Juara Harapan 1 dan paling terdekat seleksi Popda Kota Tegal yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Februari 2021.

“Lomba terdekat karena pandemi, jadi hanya ada lomba virtual mendapatkan piala Universitas Trisakti dan siswa mendapatkan juara 1 Harapan, yang terdekat ada seleksi Popda Kota Tegal tanggal 12 Februari 2021 di Kodim” terang Sensei Tapein. Kamis, (5/2).

Ia juga menambahkan selama masa pandemi covid-19 latihan karate di SD Ihsaniyah Gama ini dilakukan dua kali dalam seminggu, dengan format jam yang ditambah yaitu dari Pukul 07.30-12.30 WIB.

“Latihan Karate di SD Gama 2 kali dalam seminggu, dengan format jam yang di tambah” ujarnya.

Menurut Tapein selaku sensei (guru karate) di SD Ihsaniyah Gajahmada mengatakan, peserta lomba di SD Ihsaniyah Gama ini diseleksi untuk kejuruan.

“Peserta lomba di SD Gama ini diseleksi kembali, mana yang terbaik dan yang terbagus itu yang akan dibawa untuk kejuaraan” imbuhnya.

Menurut Halwa selaku siswa kelas 5 sekaligus peserta lomba karate tingkat Jateng ini, gerakan yang paling mudah dan paling disukai oleh anak-anak adalah gerakan Thanipaipo.

“Gerakan yang paling suka dan paling mudah adalah Thanipaipo” Ungkapnya.

Berbeda dengan Galang siswa kelas 5C yang juga mengikuti latihan tersebut mengatakan, gerakan yang paling mudah yaitu Paiku.

Selain itu, sudah banyak prestasi yang sudah diraih oleh Kontingen Karate SD Gama yakni, Juara 2 Komite Popda Kecamatan, Juara 2 Komite Popda tinglat Kota, dan juara 3 Komite Bupati Open tingkat Jateng.

“Prestasi yang saya raih juara 2 Komite Popda Kecamatan, juara 2 Popda tingkat Kota, juara 3 Komite Bupati Open tingkat Jateng” Ujar Galang.

Sensei Tapein berharap setelah adanya pelatihan ini, anak-anak bisa mengambil juara, baik dalam Kota maupun event terbuka.

“Harapannya anak-anak bisa mengambil juara baik dalam Kota maupun event terbuka” pungkas Tapein.

dewi/aizia

Tinggalkan Balasan