Yayasan Perguruan Ihsaniyah yang didirikan pada tanggal 6 Agustus 1927 (akte notaris Dule Abdullah Notaris Tegal Nomor : 12 tertanggal 17 -12-1958 )

YPI TEGAL


Yayasan Perguruan Ihsaniyah Tegal beralamat di Jl Sumbodro – Tegal 52125 Telp. (0283) 325349. Yayasan Perguruan Ihsaniyah didirikan pada tanggal 6 Agustus 1927 (akte notaris Dule Abdullah Notaris Tegal Nomor : 12 tertanggal 17 -12-1958 ) di Tegal. Yayasan ini memiliki banyak lembaga pendidikan.
Sekolah/Unit yang Berada di Bawah Naungan Yayasan Perguruan Ihsaniyah (YPI) adalah sebagai berikut: (1) TK sebanyak 3 lembaga, (2) SD sebanyak 2 lembaga, (3) SMP sebanyak 1 lembaga, (4) SMA sebanyak 1 lembaga, (5) SMK sebanyak 1 lembaga, (6) MTs sebanyak 1 lembaga, dan (7) MI sebanyak 5 lembaga. Selain itu Yayasan Ihsaniyah juga memiliki Radio Citra Angkasa (RCA), Masjid Syuhada Ihsaniyah, dan memiliki 2 pondok pesantren.
Satuan pendidikan yang dijadikan sasaran kajian adalah SD Ihsaniyah Kota Tegal dan MDTA Pusaka Kota Tegal serta MI Ihsaniyah dan MDTA Ihsaniyah Kabupaten Tegal. SD Ihsaniyah dan MDTA Pusaka berada di Jl Waringin Nomor 27 Mintaragen Tegal Timur Kota Tegal. Sementara MI Ihsaniyah dan MDTA Ihsaniyah berada di Jl Raya Durensawit Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Meskipun berada dalam satu yayasan penyelenggara, respon satuan pendidikan terhadap kebijakan FDS berbeda. SD Ihsaniyah Pusaka melakukan kolaborasi dan integrasi dengan MDT Pusaka dalam pembelajarannya. Pembelajaran sekolah dilakukan pagi s.d siang, sementara madrasah diniyah dilakukan siang s.d sore. Para siswa SD Ihsaniyah khususnya kelas 3,4,5, dan 6 otomatis menjadi santri madrasah diniyah kelas 1,2,3, dan 4. Ada integrasi jalur pendidikan formal dan jalur pendidikan non formal.
Sementara pada MI Ihsaniyah Kabupaten Tegal, pengelolaan pendidikan formal dan non formal terpisah. Siswa MI Ihsaniyah tidak otomatis harus menjadi santri MDTA Ihsaniyah. Ada sebagian siswa MI yang mengikuti madin di tempat lain. Demikian juga, ada santri MDT Ihsaniyah yang bukan merupakan siswa MI Ihsaniyah (santri berasal dari siswa SD). Meskipun demikian, satuan pendidikan memiliki satu kepala madrasah yang sama.
Kurikulum yang diterapkan mengikuti kebijakan Kementerian Agama yang terdiri atas (1) Al-Qur’an, (2) Hadits, (3) Aqidah, (4) Akhlak, (5) Fiqh, (6) SKI, dan (7) Bahasa Arab. Pada MDTA Pusaka menggunakan buku ajar terbitan FKDT Kota Tegal sementara pada MDTA Ihsaniyah menggunakan terbitan FKDT Kabupaten Tegal setiap mata pelajaran.
MDTA Pusaka dan MDTA Ihsaniyah pada dasarnya mengikuti kurikulum yang dikembangkan oleh FKDT pada masing-masing kabupaten/kota. Bahan ajar yang digunakan menggunakan terbitan FKDT dan sesuai kurikulum Kementerian Agama. FKDT Kota Tegal menerbitkan bahan ajar yang bersifat paket (Beriman), sementara FKDT Kabupaten menerbitkan bahan ajar sesuai dengan mata pelajaran: (1) Fikih, (2) Qur’an, (3) hadits, (4) Aqidah, (5) Akhlak, (6) Bahasa Arab, dan (7) Tarikh.
Faktor pendukung integrasi SD Ihsaniyah dengan MDTA Pusaka di antaranya adalah (1) adanya yayasan penyelenggara yang sama, (2) kebutuhan orang tua wali (masyarakat perkotaan), dan (3) kepemimpinan kepala sekolah. Sementara faktor penghambat integrasi pada MDT Ihsaniyah adalah pada kondisi lingkungan sekitar. Pada sekitar MDT Ihsaniyah setidaknya terdapat 2 MDT lain yakni MDT Miftahul Ulum dan MDT Hidayatul Mubtadiin. Kedua MDT tersebut termasuk kategori madin mandiri yakni madin yang diselenggarakan oleh masyarakat (tidak memiliki lembaga formal dan atau pesantren).
Model kolaborasi dan integrasi SD Ihsaniyah 01 Kota Tegal dengan MDTA Pusaka, patut menjadi contoh. Jika model ini bisa diterapkan pada sekolah dasar negeri tentu bisa menjadi alternatif solusi mengatasi keterpurukan madrasah diniyah, terutama pada MDTA yang bersifat mandiri.

Projects
Employees
+
Contractors
+
Publications

STRUKTUR ORGANISASI

dRs. h. rofiudin, m.hum

Ketua yayasan

drs. h. andi sulton, m.si

wakil ketua

dr. ir. suyono, m.pi

sekretaris

h. mashuri, s.pd, mm

bendahara