Lagi, SMK Ihsaniyah Gelar IAC Tingkat Siswa SMP/MTS Se-Kota dan Kabupaten Tegal
Foto bersama : sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat pelatihan penyiaran junior di Studio IHS TV SMK Ihsaniyah Kota Tegal, Kamis (28 Januari 2021)

Lagi, SMK Ihsaniyah Gelar IAC Tingkat Siswa SMP/MTS Se-Kota dan Kabupaten Tegal

PERGURUANIHSANIYAH.org – Setelah pelatihan IAC tingkat guru pekan lalu, SMK Ihsaniyah Kota Tegal kembali mengadakan Ihsaniyah Announcer Course (IAC) atau pelatihan penyiaran junior untuk tingkat siswa SMP/MTS se-Kota dan Kabupaten Tegal. Kamis, (28 Januari 2021).

Pelatihan tersebut diadakan secara tatap muka di studio IHS TV SMK Ihsaniyah selama 3 hari, tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan sebelumnya.

Sebanyak 16 siswa, pelatihan tersebut diikuti dari beberapa perwakilan SMP/MTS di Kota Kabupaten Tegal, yaitu dari SMP Ihsaniyah, MTS Model Ihsaniyah, SMP N 9, SMP N 17, MTS Mambaul Huda, SMP N 19 dan SMP N 14.

Tidak jauh beda dari pelatihan IAC tingkat guru sebelumnya, siswa juga diberikan materi seperti pengetahuan penyiaran radio, alat-alat radio, teknik basic announcing dan teknik editing suara.

Widia Wijayanti selaku ketua PPDB SMK Ihsaniyah Tegal mengungkapkan tujuan diadakannya acara IAC ini agar siswa dapat memahami tentang dunia penyiaran radio, meningkatkan percaya diri serta memperkenalkan SMK Ihsaniyah.

“Yang berbeda dari IAC kali ini, untuk materi kami berikan pada siswa dalam bentuk E-modul dan pelatihan ini juga sebagai langkah awal SMK Ihsaniyah untuk promosi PPDB tahun 2021” Kata Widia Wijayanti.

Widia juga berharap dengan diadakan pelatihan Ihsaniyah Announcer Course, nantinya para siswa setelah lulus SMP/MTS berminat melajutkan ke SMK Ihsaniyah.

“Harapannya semoga nantinya peserta IAC ketika lulus, bisa melanjutkan di SMK Ihsaniyah, karena di SMK bisa dikembangkan lagi pelatihan penyiarannya” imbuhnya.

Syahdan Sabda Bumi selaku peserta IAC dari SMP Ihsaniyah mengungkapkan pesan dan kesannya selama pelatihan, bahwa ia sangat bahagia dan mendapat banyak ilmu tentang teknik penyiaran.

“Saya bahagia karena mendapat banyak ilmu teknik penyiaran, pernafasan diafragma agar suara lebih bagus lagi dan alat-alat tentang penyiaran” kata Syahdan.

Selain itu, tidak hanya materi mengenai penyiaran, peserta IAC juga mendapatkan hiburan ice breaking untuk menghilangkan kejenuhan para siswa.

Quintadira selaku peserta IAC dari SMP Negeri 9 TEGAL mengatakan banyak materi yang guru ajarkan untuk lebih percaya diri saat berbicara.

“Harapan saya setelah diadakannya acara IAC semoga kedepannya ada gelombang dua, sehingga banyak yang berminat dan bisa bergabung untuk acara IAC ini” kata Quin siswi SMP Negeri 9.

(Dewi Jingga)

Tinggalkan Balasan